Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster

Posted by Desain Kode Monday, January 18, 2016 2 comments
Cara Mendaftarkan Blog ke Google Webmaster - Kita semua tahu bahwa Google merupakan salah satu mesin pencari terbesar pertama disusul oleh yahoo, bing, ask.com, CNN dan aolsearch.com. Meskipun Yahoo dan Bing bersatu, Google tetap mendominasi posisi teratas paling sering digunakan orang untuk mencari konten/web/halaman atau hal apapun yang berkaitan dengan internet. Menurut data statistik, lebih dari 50% pengguna internet menggunakan Google sebagai partner dalam berselancar di dunia maya. Perusahaan yang didirikan pada 7 september 1988 ini telah mengalami perkembangan pesat hingga saat ini dengan memberikan berbagai macam karya dan inovasi baru dalam perkembangan dunia internet.
mendaftarkan blog dan artikel ke google webmaster tools

Salah satu inovasi Google guna mendukung hal terkait Web dan Blog adalah Google Webmaster Tools. Tools ini merupakan salah satu dari banyak tools optimasi SEO yang selalu digunakan oleh ahli-ahli SEO dunia. Tapi tenang saja, bukan cuma pakar SEO, tools ini bisa digunakan oleh siappun secara gratis. Layanan ini sebenarnya dibentuk bagi mereka para pemilik situs (webmaster) dalam mengelola, mengecek, memperoleh informasi dan mengoptimalkan Web/blog mereka di hasil pencarian halaman SERP Google (Search Engine Result Page).

Menggunakan Tools ini sama saja dengan mendaftarkan Blog ke Google. Tapi tidak hanya itu, masih banyak layanan gratis lainnya yang didapat saat mendaftarkan blog ke google webmaster tools. Namun, sebelum mengetahui lebih jauh tentang layanan lain yang diberikan, ada baiknya mengetahui cara mendaftarkan ke layanan tersebut. Jangan tunda lagi, kalau situs web/blog anda belum terdaftar, segeralah mendaftarkannya.

Saya sering bertemu komentar-komentar di blog dan web lain, ada beberapa orang selalu mempertanyakan penyebab situs mereka lama bahkan tidak berada di pencarian google atau penyebab situs mereka masih sepi pengunjung. Jawabannya jelas, karena belum mendaftarkan blognya ke Google. Pernah juga saya bertemu Blog yang menurut saya sangat bermanfaat dan memiliki segudang ilmu, tapi sayangnya, posisinya di Google belum optimal. Hal ini bisa saja disebabkan mungkin karena adanya beberapa masalah dalam blog tersebut tapi pemilik situsnya tidak mengetahuinya dan tidak memeriksanya di layanan ini. Jadi, mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools sangat penting untuk dilakukan.

Langkah-langkah Mendaftarkan Blog ke Google

Setelah membuat blog dan menulis artikel, wajib untuk mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools. Berikut panduannya :

1. Buka Google Webmaster Tools
2. Masukkan URL Situs Web/Blog dalam kotak pada halaman tersebut, lalu klik ADD PROPERTY (seperti gambar dibawah)
mendaftarkan url blog ke google webmaster tools

3. Anda akan dialihkan ke halaman Verifikasi. Verifikasi ini bertujuan agar google tahu kalau abda tadi yang mendaftarkan blog tersebut (milik kepunyaan anda). Banyak cara bisa digunakan untuk memverifikasi blog/web yang sudah di daftarkan sebelumnya. Untuk lebih mudah, gunakan verifikasi Metode HTML Tag
Pilih tab Alternate Methods klik option HTML Tag. Sesuai petunjuknya, Copy Kode HTML dalam kotak seperti gambar dibawah.
verifikasi meta tag google webmaster
Note : Jangan tutup halaman dan jangan klik verify dulu

4. Buka Blogger Menu Template Edit HTML
5. Paste kode HTML tadi dibawah kode <head>  lalu Save Template.
Baca juga : Cara mengedit template blog dengan mudah

6. Jika sudah Save, Kembali ke halaman verifikasi tadi lalu klik VERIFY
7. Selesai. Anda telah berhasil mendaftarkan blog ke google.
sukses mendaftarkan blog ke google webmaster

Cukup mudah bukan? Setelah sukses mendaftarkan blog ke google, klik Continue untuk masuk ke halaman utama Webmaster Tools. Ada banyak pilihan menu di sebelah kiri halaman, menu-menu tersebut akan digunakan setiap saat untuk memonitoring keadaan blog di Google. Terkait dengan mendaftarkan Blog ke Google Webmaster Tools, ada beberapa menu yang digunakan untuk mengirim isi (Artikel/Konten) dari halaman blog kita diantaranya mengirim lewat menu Sitemap dan lewat menu Fetch as Google.

Mengirim Sitemap Blog ke Google Webmaster

Tidak cukup jika hanya mendaftarkan blog ke google webmaster. Langkah selanjutnya adalah mengirim (submit) Sitemap/Peta Situs ke layanan tersebut, agar seluruh isi konten dalam blog, cepat dikenali dan di indeks oleh google. Dengan begitu, artikel bisa cepat berada di halaman pencarian (SERP) google dengan kata kunci tertentu. Pelajari juga cara membuat artikel SEO agar dapat bersaing dengan artikel lain di halaman pertama Google. Sebaiknya utamakan menulis artikel berkualitas terlebih dahulu sebelum mendaftarkannya ke Google. Berikut langkah-lagkah mengirimkan sitemap ke Google Webmaster Tools:

1. Pada menu sebelah kiri, klik Menu Crawl Sitemap
mengirim sitemap blog ke google webmaster tools

2. Pada bagian kanan halaman, temukan dan klik Tombol ADD/TEST SITEMAP
3. Isi "sitemap.xml" pada kotak seperti gambar dibawah.
submit sitemap xml blog

4. Sitemap submitted. Silahkan Refresh Halaman, untuk melihat jumlah halaman web/blog yang anda kirim untuk di indeks ke Google.

Menggunakan Fitur Fetch as Google di Google Webmaster

Tujuan dari penggunaan fitur Fetch as Google ini adalah agar Google cepat mengenali dan mengindeks halaman konten yang baru saja selesai dibuat. Fetch as Google juga biasanya digunakan untuk mendaftarkan kembali artikel setelah diedit. Berikut langkah-langkahnya :

1. Pada menu sebelah kiri, klik Menu Crawl Fetch as Google
mendaftarkan artikel ke google webmaster tools

2. Masukkan URL artikel anda baru anda (tanpa url homepage), lihat seperti gambar dibawah.
mengirim artikel baru ke google webmaster tools

  • Pada dropdown option, pilih Desktop
  • Pilih "Fetch and Render" jika baru mendaftarkan artikel untuk pertama kali
  • Pilih "Fetch" jika artikel sudah pernah didaftarkan, artinya anda mendaftarkan ulang artikel tersebut, entah karena telah di edit ataupun karena telah mengganti template blog.

3. Tunggu beberapa detik hingga loading pending selesai, lalu klik submit to index Go
4. Selesai. Anda sudah berhasil mendaftarkan artikel ke Google.

Mengecek Blog dan Artikel yang sudah didaftarkan

Setelah mendaftarkan halaman blog dan artikel, kita tentunya ingin memastikan apakah blog yang kita daftarkan tersebut sudah berada di halaman SERP google. Cara untuk mengeceknya sangat mudah:
  • Buka google.com
  • Ketik "site:namabloganda.blogspot.co.id" di kotak pencarian google.
    Contoh : jika ingin melihat halaman apa saja pada Blog DesainKode yang telah terindeks oleh google ketik saja site:desainkode.blogspot.co.id di kotak pencarian google.

Perlu diketahui, mendaftarkan blog ke google webmaster tools tidak secara instan akan memberikan posisi halaman pertama pencarian google untuk kata kunci tertentu. Panduan diatas hanya untuk mendaftarkan blog dan artikel saja di Search engine Google. Untuk membuatnya berada di halaman pertama SERP google, masih banyak pertimbangan yang di lakukan oleh google seperti, kekuatan SEO onpage halaman tersebut, backlink berkualitas yang mengarah ke halaman tersebut, tingkat bounce rate dan masih banyak lagi.

Sekian artikel tentang cara mendaftarkan blog ke google webmaster tools. Jangan lupa masukkan alamat email anda di bagian footer jika ingin berlangganan artikel blog DesainKode secara gratis.

2 comments

Unknown
Balas
Unknown
Wah gan websitenya bagus! Ane dari kaskus gan, boleh minta jejak balik ke blog ane juga?

http://ngasihtauajanih.blogspot.co.id/

Makasih banyak ya gan!
Blogger
Balas
Blogger
Did you know there's a 12 word sentence you can say to your man... that will induce deep emotions of love and instinctual attractiveness for you deep within his chest?

Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, admire and care for you with his entire heart...

12 Words Will Trigger A Man's Love Impulse

This impulse is so hardwired into a man's brain that it will drive him to try better than before to to be the best lover he can be.

Matter-of-fact, fueling this dominant impulse is absolutely essential to achieving the best ever relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...

...You will immediately find him expose his mind and soul for you in such a way he's never experienced before and he'll see you as the one and only woman in the world who has ever truly fascinated him.

Tautan (link) hidup dalam komentar bersifat nofollow.
Untuk menyisipkan tautan dengan aman, gunakan kode [url=http://nama_situs.com]Teks Tautan[/url]
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan kode [img]URL GAMBAR[/img]
Untuk menyisipkan judul, gunakan tag <b rel="h4">JUDUL ANDA DI SINI...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA DI SINI...</strong>
Untuk menciptakan efek huruf miring gunakan tag <em>TEKS ANDA DI SINI...</em>

Konversi Kode di Sini

:) :( :p :D :o ;) 8-) 8:) :/ :'( 3:) O:) :* <3 ^_^ -_- o.O O.o >:o :v :3
Batal